• Beranda
  • Tentang Kami
    • Rekanan
  • Layanan
  • Info Kota
    • Daftar Apotek
    • Daftar Armada Taksi
    • Daftar ATM
    • Daftar Bank
    • Daftar Klinik 24 Jam
    • Daftar Money Changer
    • Daftar Rumah Sakit
    • Daftar Telepon Penting
    • Daftar Terminal
    • Jalur Bus
      • Jalur Bus Kota
      • Jalur Trans Jogja
  • Galeri
    • Interior & Eksterior Kereta Api
    • Reservasi
    • Stasiun Kereta Api
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Beranda
  • Tentang Kami
    • Rekanan
  • Layanan
  • Info Kota
    • Daftar Apotek
    • Daftar Armada Taksi
    • Daftar ATM
    • Daftar Bank
    • Daftar Klinik 24 Jam
    • Daftar Money Changer
    • Daftar Rumah Sakit
    • Daftar Telepon Penting
    • Daftar Terminal
    • Jalur Bus
      • Jalur Bus Kota
      • Jalur Trans Jogja
  • Galeri
    • Interior & Eksterior Kereta Api
    • Reservasi
    • Stasiun Kereta Api
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
HomeTechnoMeski Praktis, Membeli Tiket Pesawat secara Online ...
Previous Next

Meski Praktis, Membeli Tiket Pesawat secara Online Masih Rendah

Tingkat pertumbuhan ekonomi yang tinggi menjadi tolok ukur maskapai penerbangan dalam melihat peluang bertambahnya jumlah orang Indonesia yang bepergian menggunakan pesawat. Semakin banyaknya orang yang mampu traveling dengan pesawat, pembelian tiket pun diprediksi terus naik. Meski begitu, di Indonesia, rupanya kebiasaan membeli tiket pesawat masih mengandalkan pembelian di gerai atau lewat travel agent, bukan secara online yang sebenarnya lebih praktis dan cepat.

Hans Nugroho, Commercial Project Director PT Citilink Indonesia mengatakan, sebagian besar orang membeli tiket melalui travel agent. Pilihan lainnya, membeli tiket pesawat melalui online, dan yang paling kecil porsinya adalah membeli tiket pesawat melalui call center.

“Pembelian tiket pesawat melalui online 25-30 persen, 65 persen melaluitravel agent, lima persen call center. Sementara di luar negeri pembelian tiket pesawat melalui online mencapai 95 persen,” kata Hans kepadaKompas Travel di sela pembukaan sales box pertama Citilink di Carrefour, di Lebak Bulus, Jakarta.

Menurut Hans, tak mudah mengubah kebiasaan orang dalam membeli tiket pesawat secara konvensional (melalui gerai) ke pembelian tiket online.Namun demikian, jumlah orang yang mampu bepergian dengan pesawat terus bertumbuh. Karenanya, Hans mengatakan, maskapai penerbangan harus mencari cara untuk memudahkan pembelian tiket pesawat.

“Seringkali orang membeli tiket pesawat di tempat yang jauh dari tempat tinggalnya, sementara mereka belum terbiasa membeli tiket online. Karena itu kami mengindentifikasi kantong-kantong yang cukup besar, pangsa pasar Citilink, dengan membuka gerai sales box di tempat yang sering dan mudah didatangi pembeli, seperti hypermarket,” katanya.

Bekerja sama dengan minimarket dan hypermarket untuk memperluas saluran pembayaran tiket menjadi cara yang dipilih Citilink untuk mempermudah sekaligus menggaet lebih banyak pelanggan.

Hans mengatakan, Citilink menargetkan penjualan tiket dengan peningkatan hingga 50 persen pada tahun ini, mencapai 8,2 juta dari tahun lalu sebesar 5,4 juta. Target penjualan tiket tersebut diharapkan bisa tercapai melalui kerja sama dengan jaringan ritel.Selain bekerja sama dengan 50 gerai Carrefour dalam menyediakan sales box, Citilink juga telah bekerja sama dengan jaringan ritel Alfamart pada 2013 dan Indomaret pada tahun ini.

“Pertumbuhan ekonomi luar biasa, jika 10-15 tahun lalu naik pesawat hanya untuk papan atas, sekarang bukan hanya papan atas. Kita harus menyeimbangkan pertumbuhan ini dengan memberikan kemudahan akses pembelian tiket pesawat,” tutur Hans.

Untuk memperluas akses pembelian tiket pesawat, Hans mengatakan, Citilink masih akan terus menjajaki peluang kerjasama dengan jaringan ritel lainnya.

Source: Kompas

Tags: Online

Share!
Tweet

Related Posts

Samsung Tarik Galaxy Note 7

Setelah memutuskan untuk ‘membunuh’ Galaxy Note 7, Samsung cukup frontal mengingink ...

Microsoft Hentikan Produksi Xbox 360

Raksasa software Microsoft memutuskan berhenti memproduksi Xbox 360, setelah satu dekade muncul ...

Bayar PBB Kini Bisa Lewat HP

Pemerintah Kota Yogyakarta pagi ini (09/10/2015) meluncurkan program ‘Xmart City – Pembay ...

Ada Aplikasi, Wisatawan Jepang Diharapkan Makin Mudah ke Indonesia

Sebuah aplikasi mobile yang menyediakan informasi pariwisata untuk wisatawan Jepang yang ingin ...

Comments

comments

Latest Tweets

  • RT @keretaapikita: Malam ini, penjualan tiket KA H-10 Lebaran. Cek tabel untuk melihat daftar penjualan KA Lebaran lainnya http://t.co/7lF1…


Berkedudukan di Yogyakarta CV Toegoe Mataram berdiri sejak 12 Desember 1987, Matarama Service Point adalah salah satu bidang usaha jasa layanan penjualan tiket perjalanan dan telekomunikasi....

© 2008-2019 Matarama Service Point. All Rights Reserved.
  • News
  • Food Story
  • Travel Tips
  • Techno
  • Jogja Event
  • People & Culture